Menag Ikut Dukung Haramnya Infotainment Gosip

Liputan yang bernilai haram adalah ghibah (gosip), termasuk menceritakan masalah rumah tangga orang lain. Reaksi penolakan terhadap tayangan infotainment di tekevisi terus bergulir. Kali ini datang dari Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali. Meskipun tidak secara eksplisit (terang-terangan) menolak tayangan tersebut, tapi dirinya mendukung langkah Pengurus Besar Nahdlatu Ulama (PBNU).

Sebelumnya, PB NU seperti disampaikan Ketua Umum KH Hasyim Muzadi mengharamkan tayangan infotainment. Selain itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, juga mengharamkan tayangan tersebut karena sifatnya ghibah (gosip), termasuk menceritakan masalah rumah tangga orang lain.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan dirinya secara pribadi setuju terhadap pandangan NU, bahwa tayangan infotainment tersebut sifatnya gosip, memunculkan kejelekan rumah tangga termasuk kejelekan pribadi dan mengungkapkan hal-hal yang sifatnya pribadi.

“Apalagi orang sampai dikejar-kejar untuk mengetahui kehidupan pribadi. Saya kira semua bisa menilai dari sisi nilai universal, bahwa kehidupan yang sangat pribadi tidak perlu diketahui orang banyak,” papar Suryadharma seusai bertemua SBY, di Puri Cikeas, Bogor, kemarin.

Sebelumnya, KH Hasyim Muzadi dan KH Ma’ruf Amin mengaku sama-sama telah mengeluarkan fatwa untuk pengharaman tayangan infotainment yang sifatnya ghibah.

“Kami sudah lama mengeluarkan fatwa tersebut,” kata Ma’ruf. *http://www.hidayatullah.com

2 Balasan ke Menag Ikut Dukung Haramnya Infotainment Gosip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: