Keprihatinanku

Aktivitas anak sekolah sudah dimuali sejak senin kemarin (16 Juli 2007), masa liburanpun telah berakhir tentunya bagi mereka yang anak-anaknya harus masuk sekolah. Ada sesuatu yang sepertinya menjadi rutinitas atau juga bisa dikatakan kebiasaan, setiap tahun ajaran baru dimulai. Mulai dari sibuknya para orang tua mencarikan sekolah yang tepat menurut meraka, mempersiapkan seragam sekolah dan lain sebagainya.

Ketika mereka memasuki sekolah barunya itu, ada hal-hal yang menurut saya sangat-sangat tindak mendidik dan ini menjadi kebiasaan dunia pendidikan di indonesia, mulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP sampai Perguruan Tinggi (PT), baik negri maupun swasta.
Hal tersebut adalah MOS (Masa Orientasi Siswa), OSPEK (Oreintasi Kengenalan Kampus) dan nama-nama lain yang ujung-ujungnya adalah sistem penggojlokan/peloncoan yang menurut hemat saya kurang mendidik.

Dengan sistem seperti itu kita banyak mendengar dan melihat bahwa banyak kasus yang memyebabkan peserta MOS/Ospek yang cedra, bahkan tak tangung-tangung dapat menghilangkan Nyawa peserta MOS/Ospek tersebut.

Yang tak mendidik lainnya adalah bagaimana seorang anak baru lulus SD dan memasuki dunia pendidikan yang baru alias masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), disaat kelompok Osis nya melakukan Orientasi mengharuskan membuat surat cinta yang ditujukan kepada seniornya, merayu sang senior dengan gaya-gaya orang dewasa zaman sekarang, apalagi status SMP tersebut adalah menamakan dirinya SMP Islam, dakan tetapi pendidikan yang diterapkannya justru melukai nilai-nilai islam itu sendiri.

Bagaimana mungkin baru masuk kelas satu SMP telah membentuk dan memperkenalkan sistem pacaran, bagaimana cara merayu dan hal-hal lain yang tak seharusnya dilakukan dalam membentuk pribadi muslim.

Jadi itulah salah satu keprihatinanku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: