Cara Menjebol Proteksi Dokument

“Document hanya bisa dibaca saja tidak bisa di copy (ctrl+c), tidak bisa diedit dan tidak bisa diapa-apakan Apa yang harus dilakukan ?.

Untuk menjaga keutuhan text pada Ms. Microsoft Word terkadang kita melakukan protect document, tujuannya sederhana yaitu agar document terjaga dari tangan-tangan jahil yang ingin merubah isi dari document tersebut. Tapi terkadang protect document tersebut menjadi boomerang bagi si pemiliknya sendiri dikarenakan lupa password sehingga document tersebut tidak dapat di edit untuk diperbaharui, apalagi document yang diprotect tersebut berlembar-lembar jumlahnya wah bisa kacau tuh, mau diketik ulang sangat tidak mungkin karena malas dan melelahkan. yah senjata makan tuan dong… (gak apa asal jangan tuan makan senjata).
Tenang jangan khawatir, document yang terprotect tersebut dapat kita buka kembali. Untuk dapat membuka document yang di protect tersebut jika lupa password adalah dengan cara sebagai berikut, (semoga dapat membantu) :
Tapi sebelum memulai sebaiknya kita mengetahui beberapa jenis protect document pada Ms. Microsoft Word antara lain adalah :

  1. Tracked Changes
  2. Comment
  3. Filling In Form
  4. No Change (Read Only)

Yang bisa kita aktifkan pada Menu Bar pilih Tools, kemudian kilk protect document, setelah itu kita juga harus mencheck list pilihan pada protect document tersebut seperti :

  1. Formatting Restrictions
  2. Editting Restrictions
  3. Start Enforcement

Kemudian klik button Yes, Start Enforcing Protection, keluar dari document sebelumnya jangan lupa untuk menyimpan file tersebut.

Selanjutnya untuk melihat effect dari settingan protect document kita buka kembali documentnya, kita bisa melihat apa yang terjadi pada document tersebut.

Pada editting restrictions kita memilih :

  1. Tracked Change kita masih bisa mengedit document tersebut.
  2. Comment setiap kata yang diganti akan muncul komentar tentang kata apa saja yang kita hapus.
  3. Filling In Form maka kata yang terdapat dalam document tersebut hanya bisa dibaca saja tidak bisa diedit tidak bisa di copy dan tidak bisa diapa-apakan (ini yang paling serem)
  4. No Change (Read Only) maka document tersebut hanya bisa dibaca namun tidak bisa di edit tapi masih bisa di copy. Permasalahan yang sering terjadi adalah pada no. 3 document hanya bisa dibaca tidak bisa diedit, tidak bisa di copy (ctrl+c) dan tidak bisa diapa-apakan dan untuk menon aktifkan protect documentnya kita lupa password. Maka langkah yang harus kita lakukan adalah tulisan lengkap ada di http://www.ilmukomputer.org atau davitkkurniawan.web.id

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: